Herbal Stamina Tribulus Terrestris


Tribulus Terrestris adalah tanaman berbunga dalam keluarga zygophyllaceae, berasal dari daerah beriklim hangat dan tropis Old World di Eropa selatan, Asia selatan, seluruh Afrika, dan Australia. Tanaman ini dapat berkembang bahkan di iklim gurun dan tanah yang tandus.  Seperti banyak spesies kurus, tanaman ini memiliki banyak nama-nama umum, termasuk puncturevine, caltrop, cathead, anggur kuning, goathead, gokharu Burra dan bindii.
 
Tribulus terrestris saat ini sedang dipromosikan sebagai booster untuk tujuan meningkatkan dorongan seks. Dalam pengobatan tradisional Cina Tribulus terrestris dikenal dengan nama bai ji li (白 蒺藜). Menurut Bensky dan Clavey, 2004 (medica Materia 3rd edition, hal 975-976) Tribulus terrestris adalah ci ji li (刺 蒺藜). Tribulus terrestris telah lama digunakan  dalam praktek ayurveda India, di mana ia dikenal dengan nama sanskrit, "gokshura / sarrata" .

Penelitian pada hewan pada tikus, kelinci dan primata menunjukkan bahwa pemberian ekstrak Tribulus terrestris dapat menghasilkan statistik peningkatan yang signifikan dalam tingkat testosteron, dihidrotestosteron dan dehydroepiandrosterone, dan menghasilkan efek sugestif kegiatan afrodisiak. Dalam sebuah penelitian dengan tikus, Tribulus ditunjukkan untuk meningkatkan aktivitas mounting dan ereksi yang lebih baik dari cypionate testosteron.  Efek samping dari suplemen dengan Tribulus terrestris jarang dan cenderung tidak signifikan.  (Sumber : wikipedia)

Tribulus Terrestris termasuk tumbuhan subtropis yang berasal dari kawasan Mediterania yang pada perkembangannya menyebar ke seluruh dunia. Buah dari tumbuhan ini sangat keras dan berduri tajam. Bila sudah tua buahnya berwarna coklat muda, bulat, gepeng dan berdiameter 1 cm. Tribulus diyakini mampu menambah kejantanan pria dengan cara meningkatkan kadar hormon testosteron dalam tubuh. Testosteron sendiri adalah hormon pada pria yang berperan penting dalam pertumbuhan otot sebagai simbol keperkasaan. Kadar testosteron dalam tubuh yang rendah dapat menimbulkan gejala-gejala penurunan fungsi seksual diantaranya penurunan libido atau gairah seksuan dan ejakulasi dini. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan memberikan hormon testosteron, namun cara lain yang lebih alami yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi extrack dari Tribulus terrestris. Ia bekerja dengan cara meningkatkan kadar LH (Luteinizing Hormon) yang secara otomatis juga meningkatkan kadar hormon testosteron dalam darah 30%-50%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian 5-10 mg/kg berat badan extract tribulus pada tikus percobaan mampu meningkatkan perilaku dan kemampuan seksual. Percobaan pada pria yang menderita Impotensi dilakukan dengan memberikan obat yang mengandung extrak dari tribulus 3 kali sehari selama 2 minggu. Hasilnya, 50% mengalami peningkatan libido dan 60% terjadi peningkatan ereksi serta durasi sexual yang lebih lama tanpa efek samping yang negatif.

Percobaan tersebut juga dilakukan pada pria sehat yang mana kepada mereka diberikan 750 mg tribulus terrestris perhari. Hasilnya, Kadar hormon LH dalam darah meningkat hingga 72 % sedang testosteron dalam darah mereka meningkat hingga 41 %. Selain itu Tribulus juga mampu meningkatkan produksi sperma,kemampuan seksual serta daya tahan tubuh.
 
Karena kemampuannya itulah, Tribulus Terrestris dipegunakan untuk berbagai keperluan. Sebagai contoh, masyarakat Yunani telah menggunakan Tribulus Terrestris sebagai diuretik dan peningkat mood. Masyarakat Indian telah menggunakannya sebagai diuretik, antiseptic, serta anti peradangan. Masyarakat Cina menggunakanya untuk penyembuhan berbagai penyakit liver, ginjal, dan pernapasan. Masyarakat Bulgaria menggunakannya sebagai peningkat gairah seks dan meningkatkan kesuburan. Belakangan ini, banyak masyarakat dan atlit Eropa Timur menggunakannya sebagai penambah tenaga juga.Di Turki, Tribulus Terrestris juga direkomendasikan untuk mengatasi tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol tubuh. Di Eropa pada umumnya digunakan untuk penderita sering pusing, konstipasi, dan disfungsi seksual. (Sumber : www.kopidahsyat.com)