Perkembangan Seks Lelaki dan Wanita

Penelitian ilmiah dan observasi pribadi, keduanya, telah meyakinkan saya bahwa pria dan wanita nyaris sama secara anatomi daripada pria dan wanita spesies lainnya. Dua orang pria atau dua orang wanita mungkin berbeda dalam hal tinggi, besar dan bentuk tubuhnya daripada yang dimiliki oleh pasangan pada umumnya. Perbedaan pria dan wanita terutama pada organ reproduksi mereka dan perubahan perkembangan yang tampak pada bentuk tubuh mereka setelah dewasa yang disebabkan oleh hormon seks.

ANAK LAKI-LAKI


MENJADI LELAKI
Perubahan-perubahan yang menandai perkembangan fisik anak laki-laki menjadi pria dewasa dimulai dari usia menjelang remaja dan awal remaja, dan komplit ketika berusia antara 14 dan 18. Perubahan ini - ketika anak laki-laki menjadi lebih besar dan berotot, dengan bahu lebih lebar, organ-organ genital lebih berkembang dan dengan rambut yang muncul pada alat genital, di bawah ketiak, wajah, dada, tangan dan kaki mereka - terutama disebabkan oleh hormon laki-laki, testosteron. Selain memiliki karakteristik yang disebutkan di bawah, pria dewasa juga mengalami suaranya “pecah”, disebabkan oleh pembesaran pangkal tenggorokan dan pada suara menjadi lebih panjang dan tebal sehingga nada suara rendah, dan meningkatnya keringat serta aktivitas kelenjar sebaceous.
Setelah aktivitas testis terbentuk pada masa pubertas, secara normal berlanjut sepanjang sisa umur dengan hanya sedikit pelemahan pada tahun-tahun mendatang. Pada usia tua ada sedikit pengurangan sperma dan androgen. Hal ini dikaitkan dengan beberapa perubahan degenerasi di dalam testis, tetapi tidak ada penurunan testikel yang tiba-tiba dibandingkan dengan daya klimaks wanita.

Pria “rata-rata” memiliki tinggi sekitar 173 sentimeter (5 kaki 9 inchi) dan beratnya 74 kilo (162 pon); ukuran dada, pinggang dan pinggulnya 98, 80, 93 sentimeter (39, 32, 37 inchi).

ANAK PEREMPUAN

MENJADI WANITA

Pada tahap terakhir kedewasaan, biasanya setelah menstruasi, tubuh anak perempuan mulai membentuk tubuh wanita. (Sebelum masa pubertas, anak perempuan dan anak laki-laki, kecuali alat genital eksternal mereka, sangat mirip.) Perubahan yang dialami anak perempuan secara langsung berhubungan dengan sekresi hormon wanita, estrogen dan progesteron. Dia menjadi lebih tinggi, pinggul dan paha lebih berisi, tubuh lebih padat dan berlekuk. Buah dada mulai membesar dan rambut tumbuh di tangan dan kaki. Alat genital eksternal dan internal tumbuh dan berkembang, dinding vagina mulai menebal. Sekresi vagina terjadi.

Bentuk tubuh wanita tergantung pada dua hal: besar hormon yang dihasilkan dan sensitivitas tubuh dalam bmerekasi terhadap hormon-hormon tersebut.

Sekitar umur 45, fungsi ovarium perlahan-lahan semakin berkurang, tingkat estrogen dan progesteron menurun, yang mengakibatkan berhenti menstruasi dan tidak subur, penipisan dinding vagina dan sangat sering, perubahan tulang yang menyebabkan bongkok.

Wanita dewasa “rata-rata” memiliki tinggi 158 sentimeter (5 kaki 31/2 inchi) dan berat 61 kilo (135 pon); ukuran buah dada, pinggang dan pinggul 90, 75, 95 sentimeter (36, 30, 38 inchi).

TUBUH PRIA

Kerangka

Mulai sekitar umur dua tahun, anak laki-laki tumbuh kira-kira 5 sentimeter (2 inchi) setiap tahun sampai umur 13 atau 14, ketika organ seks mulai berkembang. Kedewasaan juga membawa pencapaian tinggi badan dan kekuatan tubuh dengan cepat. Pertumbuhan yang mengiringi masa pubertas akan berlangsung selama beberapa tahun, dan selama itu sebagian besar anak laki-laki bertambah rata-rata 9 sentimeter (31/2 inchi) setiap tahun. Pada akhir periode pertumbuhan tersebut, tulang telah tumbuh lebih keras, rapuh dan berubah proporsi. Setelah bahu melebar, pinggul kelihatan menyempit - karakteristik pria dewasa.

Bulu badan
Awal masa pubertas, rambut kemaluan tumbuh di dasar penis, dan setelah beberapa waktu, juga mulai tumbuh di skrotum. Mungkin juga tumbuh di sekitar anus. Rambut kemaluan normalnya tumbuh pada segitiga di bawah perut, meskipun bisa juga mencapai pusar dan paha. Sekitar satu atau dua tahun kemudian, rambut akan tumbuh di ketiak dan di atas bibir. Rambut kemaluan lebih panjang, kasar dan keriting daripada rambut yang sudah ada sejak lahir. Mungkin lebih lebat atau lebih hitam daripada rambut kepala. Seiring bertambahnya usia, bisa berubah menjadi abu-abu.

Selain rambut kemaluan yang keriting, rambut juga tumbuh di tangan, paha dan betis. Mungkin juga tumbuh di dada, bahu dan punggung serta di punggung tangan. Rambut di wajah menjadi lebih lebat dan hitam ketika seorang laki-laki menjadi dewasa. Jenggot dan kumis bisa sewarna dengan rambut kepala, atau bisa jadi berbeda.

Tebal tipisnya bulu badan tergantung pada latar belakang ras atau etnis dan keturunan. Pria Kaukasia biasanya memiliki bulu badan lebih lebat daripada pria oriental atau negro; dan ”berbulu” diturunkan dalam keluarga.

Otot
Paha, kaki belakang, bahu dan lengan mulai tumbuh lebih besar selama masa dewasa, dan kekuatan juga meningkat. Otot-otot pria berkembang 40 kali pada saat lahir. Faktor utama yang menentukan kekuatan tubuh adalah ukuran tubuh dan otot itu sendiri yang tercatat 40 persen dari berat total.

Alat genital
Testis tumbuh dengan sangat lambat sampai sekitar umur 10 atau 11 tahun, mengikutinya ada akselerasi mungkin pada kecepatan pertumbuhan dan pertumbuhan alat genital eksternal. Pada pria yang sudah mengalami pertumbuhan maksimal, testis panjangnya biasanya sekitar 3,8 sentimeter (11/2 inchi) volumenya antara 16 dan 27 milimeter (1/2-1 ons cairan) dan berwarna gelap. Satu testis, biasanya sebelah kiri, tergantung lebih rendah daripada yang satunya. Ini untuk menjaga testis tidak saling menabrak ketika Anda berjalan. Pada sebagian besar pria, testis ukurannya sama, tetapi pada beberapa orang, yang satu mungkin lebih besar dari yang lain.

Perubahan penis dimulai pada tahapan lebih lambat daripada testis. Selama ledakan pertumbuhan, penis lebih besar (lebih panjang dan lebar) dan glan, atau kepala penis menjadi lebih berkembang. Penis pria yang sedang mengalami pertumbuhan panjangnya biasanya 7,5 dan 10 sentimeter (3-4 inchi) ketika lembek.

Pada kondisi tertentu, contohnya, kontak dengan air dingin atau keluar rumah selama cuaca dingin atau jika sedang merasa takut atau lelah, penis bisa mengkerut sebentar. Namun demikian, usia tua bisa menyebabkan ukuran penis secara permanen lebih kecil.

TUBUH WANITA

Kerangka
Mulai sekitar umur dua tahun, anak perempuan tumbuh rata-rata 5 sentimeter (2inchi) setiap tahun. Sekitar umur sepuluh tahun, mengalami ledakan pertumbuhan dan mulai tumbuh lebih cepat, mencapai kira-kira 10 sentimeter (4 inchi) atau lebih dalam satu tahun, tetapi kemudian melambat lagi sampai mencapai tinggi maksimal, kira-kira satu atau tiga tahun setelah awal menstruasi. Ketika tulang tumbuh lebih panjang, tidak semua tumbuh dengan kecepatan yang sama. Tulang tangan dan kaki tumbuh lebih cepat daripada, katakanlah, tulang belakang dan tulang pinggul, yang biasanya melebar.

Wanita memiliki pinggul yang lebih lebar daripada pria, untuk menampung bayi yang sedang tumbuh, dan tulang pahanya terpisah lebih lebar. Paha tersebut lebih miring menuju lutut untuk mendekati pusat gravitasi, makanya sebagian besar wanita memiliki kaki agak pengkar keluar.

Bulu badan

Rambut organ seks biasanya tumbuh sekitar umur sebelas atau duabelas tahun, tepat setelah buah dada mulai tumbuh. Rambut kemaluan lebih panjang, kasar dan hitam, serta lebih keriting daripada rambut yang ada sejak lahir. Rambut kemaluan pertama kali tumbuh di vulva dan secara perlahan-lahan menyebar ke mons dan bibir vagina, membentuk segitiga terbalik. Pada beberapa wanita, rambut kemaluan tumbuh sampai pusar dan paha.

Kelebatan rambut pubis wanita berbeda-beda. Sebagian tumbuh lebat; sebagian jarang. Warnanya juga tidak harus sama dengan warna rambut kepala. Ketika wanita mulai menua, rambut kemaluannya mungkin berubah abu-abu. Hampir dua tahun setelah tumbuhnya rambut kemaluan, rambut juga tumbuh di ketiak.

Otot dan Lemak

Lemak mulai disimpan pada buah dada, pinggul, paha dan pantat ketika anak perempuan berusia sekitar sembilan sampai sepuluh tahun. Selanjutnya, ketika dia berusia sekitar 15 sampai 17 tahun, lebih banyak lemak muncul di daerah yang sama. Sementara pinggul menjadi bulat dan membesar, pinggang berlekuk dan terbentuk dengan baik. Beberapa wanita membentuk tanda regangan - garis pada atau ungu muda - di kulit pada waktu itu. Ini terjadi ketika kulit terlalu diregangkan selama periode pertumbuhan yang sangat cepat.

Alat genital
Alat genital pria terletak di permukaan tubuh yang mana mudah dilihat atau dipegang. Namun, alat genital wanita secara relatif tidak tidak mudah dijangkau, lebih banyak dan bentuknya sangat kompleks. Sama seperti anatomi tubuh manusia yang lain, alat genital wanita tersendiri, bentuk, ukuran, warna dan teksturnya berbeda-beda.

Buah dada
Buah dada adalah simbol identitas kewanitaan yang membentuk sebagian imej tubuh. Pada awalnya terbentuk untuk memberi nutrisi pada bayi, tetapi seringkali dihargai jauh lebih tinggi sebagai sumber utama erotisme, simbol kewanitaan, faktor gaya yang menentukan serta ukuran kecantikan wanita.
Buah dada atau kelenjar susu merupakan kelenjar keringat yang dimodifikasi. Buah dada masing-masing wanita unik, ukurannya, bentuknya dan penampilannya, variasi ini tidak hanya muncul di antara para wanita saja tetapi juga pada seorang wanita pada saat-saat tertentu dalam hidupnya, yaitu selama siklus menstruasi, kehamilan dan masa menyusui. Buah dada yang sebelah seringkali lebih besar daripada yang satunya.

Di tengah buah dada ada lingkaran kulit yang disebut areola; puting terletak di tengahnya. Puting dan areola bisa bermacam-macam warnanya mulai dari agak merah muda sampai hitam kecoklatan.

ANATOMI SEKS

Tidak diragukan lagi bahwa kesadaran dan keakraban dengan anatomi seks bisa membuat Anda menjadi pecinta yang baik. Mengetahui dimana daerah paling sensitif pasangan Anda, bagaimana mereka member respon rangsangan dan sentuhan - berarti bahwa Anda akan memberi kesenangan padaanya paling maksimal. Dan, jika Anda menyadari bahwa istri Anda merupakan individu yang pasti akan memberi respon pada belaian-belaian khusus, mungkin dengan cara yang sangat individual, permainan cinta Anda akan lebih efektif dan memuaskan.